Kamis, 22 Juli 2010

Kapurung dan Lawa Cita Rasa tanah Luwu



kapurung adalah salah satu makanan khas tradisional tanah luwu Sulawesi Selatan, di daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur). Bahan dasar makanan tradisional ini diolah dari tepung sagu yang banyak mengandung karbohidrat, dimasak dengan campuran sayur-sayuran dan ikan atau daging ayam, dan lebih nikmat kalau ditambah campuran cabe muda membuat makanan ini banyak mengandung protein dan sumber vitamin lainnya sungguh ini makanan yang sangat bergizi. Bentuknya yang yang kenyal dan berkuah makanan tradisional ini Kapurung sangat populer, di daerah Luwu sendiri nama kapurung ini sering juga di sebut PUGALU.

Tidaklah lengkap rasanya menikmati kapurung tanpa disajikan dengan LAWA, makanan lawa diolah dari jaantung/bunga pisang atau diolah dari sayur pakis yang dicampur dengan ikan mentah yang telah matang oleh air jeruk atau cuka. Jenis ikan yang diolah diambil dari jenis ikan yang berdaging putih misalnya ikan teri, ikan layang, kemudian tulangnya dihilangkan.Bumbu untuk lawa diambil dari cabe, bawang merah, dan jeruk kemudian dicampur dengan parutan kelapa bakar.
Beberapa tempat yang lain di Indonesia misalnya di daerah Maluku dikenal dengan nama PAPEDA atau juga dikenal dengan nama SINOLE. Sebagai sumber makanan dasar yang mengandung karbohidrat dan banyak protein dan vitamin semestinya membuat masyarakat Indonesia tidak tergantung dengan Beras


Tidak ada komentar:

Posting Komentar